Saturday, March 21, 2009

Benny dan Mice Capres Independen


“Tadinya kami sempat berpikir mendirikan Partai Kartunis Indonesia (PKI), tapi nanti menyinggung kelompok tertentu. Beberapa nama parpol lainnya juga urung dipakai, seperti Golongan Kartunis (Golkar), Partai Kartun Banget (PKB), dan Partai Kartunis Sejahtera (PKS)."

Benny Rachmadi [Benny] dan Muhammad Misrad [Mice], dua kartunis harian Kompas edisi Minggu, mendeklarasikan niat mereka untuk maju sebagai calon Presiden RI pada Pemilu 2009 dari jalur independen. “Kami berdua tidak mencalonkan diri, masyarakat yang mencalonkan kami,” kata Benny saat deklarasi pencalonan di Gramedia Matraman, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Menurut salah seorang penggemar mereka, Indonesia saat ini membutuhkan calon pemimpin alternatif yang benar-benar independen alias bukan berasal dari parpol. Benny dan Mice pun menerima tawaran penggemar mereka, dan keduanya sudah sepakat untuk berpasangan pada Pilpres mendatang.

Selain di Kompas, Benny juga bekerja di tabloid Kontan sebagai penggambar kartun editorial, dan menjadi ilustrator untuk perusahaan periklanan. Sedangkan Mice sehari-harinya juga mengerjakan grafis untuk kaus (T-shirt). Benny lahir tahun 1969, Mice kelahiran 1970.

Benny & Mice adalah judul sebuah komik strip yang menggambarkan keadaan kota Jakarta yang Metropolitan. Komik yang dikarang oleh Muhammad Misrad dan Benny Rachmadi ini banyak melakukan kritik sosial kepada penduduk Jakarta untuk kalangan Menengah-Kebawah dengan menggunakan dua tokohnya, yaitu Benny & Mice yang merupakan gambaran mereka sendiri. Komik ini telah diterbitkan dalam edisi buku dan juga terbit setiap minggu di harian Kompas.

Sumber: KOMPAS dan Blogberita.Net

No comments: