Monday, May 4, 2009

Peringati Hari Buruh, Presiden Selalu Kunjungi Pabrik


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, dirinya memiliki cara tersendiri untuk memperingati Hari Buruh, yakni dengan mengunjungi perusahaan-perusahaan untuk bertemu langsung dengan para buruh.

"Setiap 1 Mei bersama para menteri saya datang ke perusahaan, tahun lalu ke pabrik New Armada di Magelang, tahun sebelumnya ke perusahaan di Kota Palu, ini adalah bentuk yang saya pilih sebagai kepala negara untuk memperingati Hari Buruh," katanya saat mengunjungi pabrik Panasonic Manufacturing di kawasan Bogor dekat perbatasan antara Jakarta Timur dan Kabupaten Bogor, Jumat (1/5).

Pada setiap kunjungan itu, kata Presiden, ia selain mendengarkan paparan dan bertemu langsung dengan para buruh, juga makan siang bersama-sama mereka.

Meski demikian, Presiden mengatakan, ia tidak alergi dengan peringatan Hari Buruh yang selalu khas diwarnai dengan aksi demonstrasi. "Tidak apa-apa, demonstrasi mengingatkan agar upah mereka diperhatikan adalah hal yang wajar. Justru itu yang dilakukan juga oleh tripartit, yaitu mengusahakan agar upah buruh wajar," katanya.

Yudhoyono hanya mengingatkan agar aksi demonstrasi itu berlangsung dengan tertib sehingga stabilitas tetap terjaga dan iklim usaha tetap kondusif. "Perjuangkan sesuatu, pilihlah caranya yang baik sehingga akhirnya baik dan tujuan tercapai. Kita harus memilih cara yang cerdas dalam berjuang," kata Kepala Negara.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Presiden Direktur Panasonic Manufacruting Indonesia Ichiro Suganuma tentang situasi dan perkembangan pabrik tersebut, Kepala Negara memberikan pengarahan dan kemudian bersama rombongan melakukan shalat Jumat di masjid kompleks industri tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno, Menkominfo Muhammad Nuh, Seskab Sudi Silalahi, serta Gubernur DKI Fauzi Bowo.

KOMPAS.com, 1 Mei 2009

No comments: