Monday, September 28, 2009

Wapres: Kasus Bank Century Akan Melebar


Wakil Presiden Jusuf Kalla menengarai kasus penyelamatan bank Century akan melebar kemana-mana. Pernyataan wakil presiden tersebut disampaikan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Agil Siradj, usai bertemu Jusuf Kalla di Jakarta. "Wapres tadi bilang kasus bank Century kalau dibuka akan panjang dan melebar kemana-mana," kata Said Agil Siradj, Jumat (4/9).

Namun ketika ditanyakan apa yang dimaksud dengan akan panjang dan melebar kemana-mana, Said mengaku Wapres tidak meneruskan dan tidak memberikan penjelasan. "Wah apa itu (melebar kemana-mana) saya tak tahu. Wapres juga tidak menjelaskan. Keheranan kita, hari gini masih ada kasus seperti itu," katanya.

Ia menjelaskan dalam pertemuan dengan Wapres tersebut, PBNU mempertanyakan soal kasus bank Century. Menurut Said Agil, Wapres memberikan penjelasan mengenai masalah tersebut. "Wapres mengatakan, sejak awal beliau tak mau ada "bailout" bank Century, karena ini perampokan," ujarnya.

Karena itu, Said Agil menambahkan, Wapres akan tetap pada pendiriannya tidak akan menyetujui adanya "bailout" untuk bank Century. "NU akan terus merespons dan mendorong siapa saja yang ingin mengungkap kebenaran dalam kasus bank Century. Bahasanya amar ma`ruf nahi munkar (menganjurkan kebaikan dan mencegah kebatilan)," katanya.


Kedatangan pengurus PBNU ke Wapres Jusuf Kalla tersebut untuk melaporkan rencana Muktamar NU ke-32 yang akan dilaksanakan di Makasar pada 25-31 Januari 2010.

Ia mengatakan dalam pertemuan tersebut Wapres menilai PBNU masih memiliki kepedulian terhadap bangsa karena mempertanyakan masalah bank Century. NU akan selalu peduli terhadap permasalahan bangsa, termasuk soal teroris. Walaupun selama ini NU kurang diajak bicara. "Kita sepakat radikalisme atau teror bukan ajaran Islam, sehingga menjadi musuh semua orang. Dan saya jamin tidak satupun santri alumni NU yang jadi teroris," katanya dengan nada tinggi.

Carlos Pardede
Liputan6.com, 4 September 2009

Catatan:
A bailout is an act of giving capital to a company in danger of failing in an attempt to save it from bankruptcy, insolvency, or total liquidation and ruin; or to allow a failing company to fail gracefully without spreading contagion.

http://en.wikipedia.org/wiki/Bailout

No comments: