Wednesday, February 24, 2010

Mario Teguh - The Roles We Play


Bagi orang lain, kita semua adalah pemegang peran dalam cerita hidupnya.

Orang lain akan memperlakukan kita dengan hormat, jika dia melihat kita berperan penting bagi proses pencapaian keberhasilan hidupnya.

Tetapi ini yang sering terjadi, jika orang lain melihat peran mereka lebih penting daripada peran kita, mereka akan berlaku dan memperlakukan kita seperti tidak penting bagi mereka.

Peran Anda ditentukan oleh izin Anda kepada diri sendiri.

Sebetulnya sedikit sekali perbedaan di antara kita. Pembeda yang sebenarnya adalah yang kita kerjakan. Dan yang kita kerjakan ditentukan oleh izin Anda kepada diri sendiri.

Jadi betapa pun Anda menyukai permainan, janganlah bermain-main dengan hidup Anda.

Bagi anak-anak, sebuah permainan adalah kehidupan yang sesungguhnya, dan dengan permainan itulah mereka membangun pengertian dan kemampuan untuk menjadi pemenang yang anggun dalam hidup mereka nanti. Sebagian tumbuh menjadi orang dewasa yang anggun, dan sebagian lagi menjadi orang yang hanya menua sambil terus bermain-main dengan hidupnya.

Kehidupan adalah sebuah permainan yang serius. Dan seperti semua permainan, hidup ini punya ketentuan dan peraturannya sendiri; yang tidak selalu jelas bagi mereka yang sedang berkutat di dalamnya, tetapi yang tertulis dan terkatakan dengan jelas bagi mereka yang berusaha mengerti.

Sehingga nasehatnya kepada kita; jangan bermain dengan permainan yang tidak akan memenangkan kehidupan. Dan memenangkan kehidupan adalah mengutamakan kebaikan.


Kecemerlangan hidup hanya bisa dicapai melalui pelaksanaan yang utuh dan tulus dari peran apa pun yang sekarang sedang diberikan kepada kita.

Sebuah peran kecil walau di bawah yang dilaksanakan dengan baik, adalah syarat kepantasan bagi peran baru yang di atas.

Seorang yang miskin, tidak akan meninggalkan kemiskinannya untuk naik ke keadaan-keadaan yang lebih sejahtera, jika dia tidak memerankan kemiskinannya dengan baik.

Seorang miskin yang mengerti dan menerima perannya dengan baik, akan berlaku sebagaimana seorang miskin harus berlaku; dia akan berhemat, mendahulukan kerja keras daripada mengeluh, bersikap santun kepada semua orang, berterima kasih kepada yang membantunya, menyemangati rekan-rekannya yang sedang berada dalam kemiskinan yang sama, dan selalu mengupayakan penggunaan terbaik dari apa pun yang sudah tersedia baginya. Oleh karenanya, dia berhak untuk naik ke kelas-kelas yang lebih tinggi.

Dan demikian sebaliknya bagi orang kaya yang tidak berperan sebagai orang kaya yang baik.

Setiap kali Anda membuat keputusan, masa depan berubah; bukan hanya bagi Anda, tetapi bagi semua orang.

Sadarilah bahwa setiap peran adalah peran untuk mencapai kemenangan hidup, dan bahwa setiap pribadi sedang mengupayakan kemenangan bagi hidupnya.

Dan karena kita hidup dalam kebersamaan yang tidak lagi dibatasi oleh tanah dan air, sebetulnya setiap peran memiliki dampak bagi peran-peran yang lain, dan menerima dampak-dampak sebaliknya.


Sehingga sebetulnya, tidak ada perubahan pada diri kita yang tidak berdampak kepada orang lain, dan sebaliknya.

Jadilah pribadi yang bersyukur karena telah diizinkan hidup dalam sebuah diri yang baik, yang berkualitas, dan yang membangun nilai dirinya melalui kegunaan bagi orang lain.

Jika Anda bisa melakukan sesuatu dengan baik, meskipun hal itu sangat kecil, sederhana, dan kelihatan tidak penting bagi orang lain, sebetulnya Anda telah memiliki kesempatan untuk mencapai hal-hal besar melaluinya.

Maka anjurannya bagi kita adalah:
Lakukanlah sekecil apapun yang sedang Anda kerjakan dalam peran Anda, dengan sebesar-besarnya kesungguhan, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Rekan-rekan Super Members yang terkasih. Jika ada hal lain yang dapat kami layankan bagi kebahagiaan Anda dan keluarga, kami mohon Anda berkenan untuk menyampaikannya kepada kami.

Terima kasih dan salam super.

Mario Teguh, 4 Mei 2009
http://donisatria.com/mario-teguh-the-roles-we-play/

No comments: