Wednesday, July 18, 2012

Ada Apa dengan Angka 13 ?


Amatilah bendera Amerika Serikat, Stars and Stripes, kemudian hitunglah garis horisontal merah dan putih, strip merah berjumlah 7 dan strip putih berjumlah 6. Maka bila dijumlahkan: 7 + 6 sama dengan 13.

Menurut sumber resmi pemerintah Amerika Serikat, angka 13 ini melambangkan jumlah koloni Inggris di wilayah Amerika Serikat pada abad 18 yang lalu. Tepatnya pada tahun 1776, sebanyak 13 koloni Inggris mendeklarasikan negara Amerika Serikat. Kemudian angka 1776 ini diabadikan dengan angka Romawi MDCCLXXVI di lapisan paling bawah pada batu penyusun piramida uang 1 dollar.

Dan apabila rangkaian huruf yang menyusun angka Romawi MDCCLXXVI ini ditambahkan dengan jumlah huruf pada tulisan: NOVUS ORDO SECLORUM, hasilnya adalah 26. Bukankah 26 adalah 13 + 13 ?!


Bukan hanya itu saja! Karena angka 13 juga muncul dalam berbagai simbol, diantaranya:
•    13 bintang di atas kepala burung elang yang membentuk lambang bintang Daud.
•    13 garis vertikal merah dan putih pada perisai.
•    13 anak panah dalam cengkeraman kaki kiri burung elang.
•    13 daun dan 13 buah zaitun dalam cengkeraman kaki kanan burung elang.
•    13 huruf yang membentuk tulisan: E PLURIBUS UNUM.
•    Salah satu sisi bulu sayap ditambah bulu ekor berjumlah 26. Lagi-lagi, bukankah 26 adalah 13 + 13 ?!
•    13 huruf yang membentuk tulisan: ANNUIT COEPTIS.
•    13 lapis batu bata yang menyusun piramida.


Dalam sejarah, terdapat istilah “Friday the 13th”? Karena pada hari Jumat, tanggal 13 Oktober 1307,  telah terjadi peristiwa pembantaian Ksatria Templar oleh Paus Clement V dan Raja Philip IV dari Perancis, dengan alasan karena mereka dianggap aliran sesat yang menyimpang dari ajaran Kristen mainstream.

Angka 13 adalah The Sacred Numbers bagi upacara Kabbalah dalam ajaran Yahudi. Yakni angka keramat, angka yang disucikan, dan angka simbol pengorbanan. Angka 13 juga merupakan jumlah lingkaran, atau "node", yang membentuk Metatron Cube dalam ajaran Kabbalah.


Angka 13 ini juga sebagai simbol Nabi Musa dengan 12 suku-suku Bani Israel, Nabi Isa dengan 12 muridnya, dinasti Rotschild dengan 12 dinasti Yahudi lainnya yang menguasai dunia yang berkumpul di Bavaria pada tahun 1776. Tahun didirikannya organisasi rahasia Illuminaty dengan Adam Weishaupt yang terpilih sebagai Grandmaster pada saat itu. Harap dicatat, pada tahun 1776 pula dideklarasikan berdirinya Negara Amerika Serikat yang lepas dari koloni Inggris.

Dalam Yudaisme, anak laki-laki yang menginjak usia 13 tahun dianggap sudah dewasa dan menjadi “Mitzvah Bar”, yaitu anggota penuh dari iman Yahudi dan sudah memenuhi syarat untuk dihitung sebagai anggota “Minyan”.

Selanjutnya, menurut Moses Maimonides, seorang filosof Yahudi yang kenamaan dan sangat berpengaruh, ada 13 prinsip iman Yahudi yang menjadi pedoman dasar bagi para penganut Yudaisme. Selain itu, menurut tafsir para tokoh Yudaisme atau para Rabi Yahudi, dalam Kitab Taurat, Tuhan memiliki 13 atribut yang harus diimani.


Di masa kini, apabila kita jeli, selain yang terdapat di dalam mata uang ONE DOLLAR Amerika, simbol-simbol seperti itu bertebaran di sekitar kita.

Silahkan dicermati dan diteliti misalnya, lambang Departemen Keuangan Amerika Serikat (Department of the Treasury). Di sana ada 13 bintang yang membentuk piramida. Dan di dalamnya ada gambar kunci. Kunci apakah gerangan? Konon itulah Solomon Key, kunci menuju harta karun King of Solomon.

Bagi kita bangsa Indonesia, adakah arti dari semua ini? Saya nggak tahu. Termasuk dengan ungkapan “Celaka tiga belas!” Siapakah yang bakal “celaka”, dan kenapa harus 13 ???

(dari berbagai sumber)

No comments: