Monday, May 18, 2009

Boediono Janji Bebaskan Indonesia dari Kemiskinan


"I promise to work to make Indonesia free from poverty"

Calon wakil presiden (cawapres) pendamping Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga masih menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) Boediono, berjanji untuk membebaskan Indonesia dari kemiskinan.

"Saya berjanji untuk membebaskan Indonesia dari kemiskinan. Dan saya siap bekerja mulai hari ini," janji Boediono, saat membacakan deklarasi pasangan SBY-Boediono, di Gedung Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/5/2009).

Menurutnya, Indonesia saat ini sudah seharusnya bangkit dari keterpurukan dan segera memperbaiki diri agar kemiskinan tersebut sedikit demi sedikit bisa dihilangkan.

Selain itu, dia memuji pemerintahan SBY yang menurutnya bersih dan bisa membangkitkan perekonomian Indonesia di tengah situasi ekonomi dunia yang sedang gunjang-ganjing. Bahkan menurutnya, pekerjaan tersebut belum selesai dan masih banyak PR yang harus dikerjakan.

Di sisi lain, dia menilai, saat ini Indonesia sudah menjadi salah satu negara di Asia yang mempunyai kebebasan berdemokrasi. Tentunya hal tersebut berada di bawah kepemimpinan SBY.

Bahkan, dalam pidatonya, dia sempat menyindir bahwa pemerintahan yang bersih adalah pemerintahan yang tidak mencampuradukkan negara dengan bisnis keluarga.

Taufik Hidayat, Okezone


Pidato Boediono
Cespleng dengan Tutur Bahasa yang Menyihir

Dengan mimik yang tenang, Boediono berpidato dengan menyihir banyak orang. Calon wapres SBY ini berpidato tanpa membaca teks. Kalimat-kalimat simbol yang menegaskan bahwa dia muslim yang baik juga ia ucapkan. Bantahan sebagai penganut neoliberalisme juga ia sampaikan dengan kalimat yang datar, tapi mengena.

Boediono, yang saat ini menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) itu memperlihatkan sebagai orator ulung saat berpidato sebagai cawapres SBY dalam deklarasi SBY-Boediono di Gedung Sabuga, Bandung, Jumat (15/5/2009) malam. Dia yang mengenakan peci dan berbaju batik warna merah menyala dan berkacamata itu berpidato dengan didampingi SBY yang mengenakan pakaian yang sama.

Pemantauan detikcom, selama hampir 20 menit, Boediono berpidato secara memukau. Semua orang di dalam ruangan utama Sabuga mendengarkan dengan seksama dan memberikan tepukan berkali-kali.

Memulai pidatonya, Boediono membaca basmallah. Fasih! Setelah itu, Boediono mengucapkan salam dengan kalimat lengkap. Fasih! Saat berpidato, Boediono juga mengucap Allah SWT beberapa kali.

Kalimat-kalimat yang diucapkan pria bergelar profesor doktor ini seakan menegaskan isu yang berkembang bahwa Boediono adalah seorang muslim, tapi abangan. Sebelumnya, dalam pidatonya, SBY juga menegaskan bahwa Boediono adalah muslim yang lurus.

Tutur kata Boediono dalam pidatonya itu juga terlihat teratur dengan bahasa yang sangat mudah dipahami. Dia merendah, tapi memperlihatkan tekad yang kuat untuk menjadi wakil presiden 2009-2014.

"Sejak merintis karir sebagai seorang ekonom dan guru, saya tidak pernah bercita-cita memegang jabatan puncak di republik yang kita cintai ini," kata Boediono.

Dengan kalimat-kalimat sederhana, Boediono juga menyinggung banyak hal dengan santun. Dia membantah sebagai penganut neoliberalisme, meski tidak dengan kalimat yang langsung. "Butuh peran negara, tidak bisa sepenuhnya diserahkan ke pasar bebas. Selalu diperlukan intervensi dengan aturan main yang jelas dan adil, untuk itu perlu lembaga pelaksana yang efektif. Itu yang harus dilakukan negara," kata Boediono.

Boediono yang berpeci hitam itu juga memuji SBY dalam memimpin Indonesia lima tahun terakhir. Dia siap bekerja sama dengan SBY, dengan modal tiga tahun menjadi menteri perekonomian SBY. Dia juga memuji SBY yang membuat Indonesia memiliki kebebasan berpendapat dan tidak menolerir pelanggaran HAM.

Di depan ribuan orang itu, Boediono juga memperlihatkan kepada publik bahwa dia piawai dalam berpidato. Dia seakan membantah kesan selama ini bahwa dia kurang bisa berorasi. Tepuk tangan berkali-kali saat pria kelahiran Blitar 66 tahun lalu itu berpidato makin memperlihatkan bahwa Boediono juga bisa menyihir banyak orang.

Di forum yang dihadiri pimpinan parpol dan tokoh-tokoh penting Jawa Barat, seperti mantan Gubernur Jabar Solichin GP, Boediono juga memperlihatkan tentang pentingnya keluarga. "Saya sangat berterima kasih kepada istri saya yang telah memberikan persetujuan atas tugas saya yang baru ini," ujar dia.

Boediono juga menutup pidatonya dengan kalimat yang pas. "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya siap bekerja mulai hari ini," tutup dia. Selama berpidato, Boediono juga selalu memperlihatkan senyuman.

Menyebut Presiden SBY
Meski begitu, dalam pidatonya, ada sesuatu ucapan Boediono yang terdengar aneh. Dalam deklarasi capres-cawapres, yang seharusnya bukan acara kenegaraan, dan posisi SBY juga bukan sebagai presiden, tapi sebagai capres, Boediono beberapa kali mengucapkan Presiden SBY.

"Izinkalah saya mengucapkan rasa terima kasih yang dalam kepada Bapak Presiden SBY yang telah menunjuk saya untuk mendampingi beliau dalam Pemilu Presiden Juli nanti. Penunjukan diri saya sebagai cawapres merupakan suatu kehormatan yang amat besar bagi saya dan keluarga," kata Boediono

Acara deklarasi SBY-Boediono ini dihadiri kalangan pemerintah dan pengusaha. Pengusaha papan atas tampak terlihat. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan istri juga hadir.

Anwar Khumaini, detikPemilu

No comments: