Thursday, January 21, 2010

Bumi Haiti Terguncang


Lengang dan senyap mulai menyergap. Beberapa kejap mata akhirnya menghidupkan kesadaran, bumi baru saja berguncang di Haiti. Pemandangan berubah: gedung runtuh, perkantoran ambruk, rumah-rumah rata dengan tanah. Mulailah terdengar rintih dan jerit tangis kesakitan. Orang-orang mulai merangkak ke tempat terbuka, di pinggir jalan atau di tanah lapang.


Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter mengguncang Haiti. Sampai kini tercatat lebih dari 50 ribu jiwa melayang. Pejabat setempat bahkan menyatakan kemungkinan korban jiwa mencapai 100 ribu jiwa. Bau busuk mayat-mayat yang bergelimpangan di jalan-jalan di ibukota Port-au-Prince mulai menyesakkan dada.

Istana Presiden Haiti pun remuk diterjang gempa

Tim penyelamat yang terdiri dari 260 orang telah tiba dan 30 negara telah berjanji akan mengirim bantuan. Cina, Perancis, Islandia, Amerika Serikat dan Venezuela adalah tim pertama yang sampai tujuan. Sedangkan Washington mengirim tentara, kapal, helikopter, pesawat, tim penyelamat, rumah sakit terapung dan lebih dari 5.000 tentara. Indonesia pun tak kalah sigap, dengan mengirim tim medis, obat-obatan,dan penjernih air.

Nurharyanto
http://tempointeraktif.com/galeri/gempa.haiti/

No comments: