Sunday, January 10, 2010

Gus Dur Ingin Gus Mus Jadi Rais Aam PBNU


Banyak cerita terungkap setelah Gus Dur meninggal. Selain soal kehidupan sehari-harinya yang luar biasa, Gus Dur juga masih punya mimpi soal kejayaan NU di tahun-tahun mendatang.

Dalam beberapa kesempatan, Gus Dur mengungkapkan keinginannya soal posisi Rais Aam PBNU (semacam dewan syuro PKB). Gus Dur ingin posisi Rais Aam yang saat ini diduduki KH Sahal Mahfud yang kabarnya tidak mau dipilih kembali, dapat dilanjutkan oleh KH Mustofa Bisri (Gus Mus).

"Beberapa kali saya bertemu beliau sebelum wafat, beliau bercerita secara terbuka soal keinginannya agar Gus Mus menjadi Rais Aam PBNU. Ini mungkin termasuk wasiat beliau," kata salah satu orang yang dekat dengan Gus Dur, Imam Mudzakkir kepada detikcom, Kamis (31/12).


Gus Mus yang memang teman dekat Gus Dur sejak kecil sampai sekarang, memiliki jiwa kepemimpinan dan ketokohan yang tidak diragukan. Gus Mus yang dalam prosesi pemakaman Gus Dur didaulat membacakan doa dari pihak keluarga juga mempunyai kredibilitas dan kapabilitas yang tak perlu diragukan lagi.

"Gus Dur bilang, kalau Gus Mus jadi Rais Aam dan saya ketua dewan syuro, luar biasa mas nanti kita. Siapa yang tidak kenal kita," papar Imam menirukan Gus Dur.

Mudzakkir pun menceritakan maksud Gus Dur bersilaturahmi ke Rembang seminggu sebelum wafatnya. Selain menebus rasa kangen dengan sahabat sejatinya itu, kehadiran Gus Dur ke kediaman Gus Mus karena ingin menegaskan agar Gus Mus mau menjadi Rais Aam Syuriah PBNU.

Muhammad Nur Hayid
detikNews, 31 Desember 2009

No comments: